Mengapa Menderita — Sebuah Tanggapan Teologis

Jika Anda hidup cukup lama, Anda akan menderita. Anda mungkin dapat melewati sebagian besar hidup Anda dengan relatif tanpa masalah, tetapi pada akhirnya mesin-mesin tubuh Anda akan rusak; Anda akan mulai kehilangan gigi, rambut, pikiran, atau ketiganya. Jika Anda hidup cukup lama, Anda akan berduka. Namun, jika Anda tidak hidup cukup lama, Anda akan membuat orang lain berduka.

Memang, jika Anda hidup cukup lama, Anda akan berduka karena kehilangan anak-anak Anda sendiri. Seorang teman yang saya hormati, yang kini telah bersama Tuhan, beberapa tahun yang lalu kehilangan ketiga anaknya. Anak yang pertama menjadi seorang misionaris medis di tempat yang saat itu bernama Kongo Belgia. Pada suatu waktu, dia diperkosa beramai-ramai sehingga harus pulang untuk memulihkan diri. Tak lama kemudian, dia melakukan pelatihan medis lagi sebelum kembali ke sana, tetapi tersandung dan terjatuh dari tangga sehingga tewas karena tersedak.

Kematian anak yang kedua hampir sama anehnya. Anak yang ketiga meninggal saat masih menjadi mahasiswa di Cambridge karena tumor otak. Selama bertahun-tahun saya mengenal ayah dan ibunya, dan tidak pernah sekalipun saya mendengar mereka mengeluh. Jika Anda hidup cukup lama, Anda akan menderita. Anda akan memiliki teman yang meninggal karena AIDS. Atau Anda akan menyadari penderitaan orang lain jika Anda menyalakan televisi dan menyaksikan dampak perang, banjir di Pakistan, kekeringan di Sahel, dan kekerasan di banyak kota di dunia.

Jika sesekali Anda tidak memikirkan penderitaan secara serius, Anda akan menjalani kehidupan yang sangat terlindung atau menjadi masalah bagi orang lain sampai ketika penderitaan itu secara eksistensial menimpa Anda. Itulah cara kebanyakan dari kita menangani berbagai hal; kita tidak benar-benar memikirkannya secara serius sampai hal itu benar-benar terjadi pada kita, dan kemudian kita dipaksa untuk merenung seperti yang seharusnya kita lakukan sebelum hal itu terjadi.

Harapan saya bukanlah untuk memberikan jawaban atas penderitaan (saya rasa orang Kristen tidak dapat melakukan hal tersebut), melainkan untuk memberikan semacam kerangka acuan yang alkitabiah untuk memampukan kita memikirkan hal-hal ini dengan cara yang benar dan saleh supaya ketika penderitaan itu datang, cepat atau lambat, renungan-renungan alkitabiah ini dapat berfungsi sebagai semacam obat untuk menjaga kesehatan rohani Anda. Renungan ini akan menyelamatkan Anda terlebih dahulu. Tanpa adanya hal-hal ini, ketika Anda mengalami penderitaan yang dalam, penderitaan itu akan menjadi lebih buruk.

Alkitab berasal dari suatu tempat, dan akan menuju ke suatu tempat, dan tempat yang dituju pada akhirnya adalah, di satu sisi, alam semesta yang diciptakan kembali dengan eksistensi kebangkitan, langit yang baru dan bumi yang baru, rumah kebenaran, atau penghakiman yang kekal dan abadi.


Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Anda tidak hanya menderita dari hal-hal yang membuat Anda menderita, tetapi juga menderita karena Anda tidak memiliki kerangka acuan tentang bagaimana memikirkan hal-hal ini dengan cara yang bijaksana, meskipun Anda adalah seorang Kristen. Akan sangat membantu jika kita mulai dengan mengingat bahwa Alkitab sendiri menuliskan banyak tokoh yang mengajukan pertanyaan tentang penderitaan. Bukan hanya generasi kita saja yang memikirkan pertanyaan-pertanyaan sulit ini, bukan hanya Ayub (seperti yang akan kita lihat), bukan hanya Mazmur, atau Habakuk, misalnya, yang dapat memahami bahwa Allah dapat menggunakan suatu bangsa untuk menghukum bangsa lain karena kejahatannya, tetapi tidak mengerti mengapa Allah menggunakan bangsa yang lebih kafir dan lebih kejam untuk menghajar umat perjanjian-Nya sendiri (yang betapapun tidak setianya mereka, tidak dapat dianggap lebih kejam, lebih jahat, dan lebih kafir daripada bangsa yang menghajar mereka).

Atau apa yang akan kita lakukan dengan Ayub, yang digambarkan Alkitab sebagai orang yang sangat kudus, tetapi menderita di bawah apa yang hanya dapat disebut sebagai penderitaan orang yang tidak bersalah? Atau Yeremia, sang nabi yang meratap, yang merasa hidup ini begitu pahit dan tidak adil sehingga ia mengutuki hari kelahirannya dengan berkata "Biarlah hari ketika ibuku melahirkan aku tidak diberkati. Terkutuklah orang yang membawa berita kepada ayahku, yang berkata, 'Seorang bayi laki-laki telah dilahirkan bagimu—seorang bayi laki-laki! Biarlah dia terkutuk; biarlah dia mati seribu kali. Biarlah ibuku selalu mengandung aku tanpa pernah keluar dari rahimnya."

Ini adalah bahasa yang cukup keras yang diucapkan oleh seorang percaya, bukan? Bayangkan jika Anda mencoba membuat tiga poin khotbah dari kalimat tersebut! Dalam ucapan itu, Yeremia berharap ibunya hamil secara permanen dan mengungkapkan sebuah retorika yang sarat akan keputusasaan dan kekecewaan. Anda dapat membaca ungkapan yang pahit ini dalam Yeremia 20.

Lalu ada Elia. "Dan aku, bahkan aku saja, yang tersisa." Memang, beberapa orang yang telah meninggal digambarkan dalam Wahyu 6 memiliki semacam empati kepada mereka yang ditinggalkan. Dalam bagian itu mereka berseru, "Berapa lama lagi, ya Tuhan? Berapa lama lagi?" Jadi, kita bukanlah orang pertama yang memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini. Alkitab sendiri memaksa kita untuk memikirkan hal-hal ini jika kita membacanya secara imajinatif dan menyeluruh. Alih-alih memberi tahu Anda jawabannya, yang saya usulkan untuk dilakukan adalah memasukkan enam poros ke dalam materi Alkitab yang secara bersama-sama mendukung cara berpikir tentang hal-hal ini.

Gambar: bersyukur

Jika Anda mengambil salah satu dari mereka dan memutlakkannya, jawabannya akan menjadi sedikit konyol, jawaban-jawaban itu bersifat reduksionistik, tetapi jika Anda mengambil keenam poros ini secara bersama-sama dan menjaga agar semua pilar-pilar ini tetap berada di tempatnya dalam pikiran Anda, dalam pemahaman Anda akan Kitab Suci, akan Allah sendiri, maka Anda mendukung semacam struktur yang memungkinkan Anda untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan mengenai penderitaan dan kejahatan dalam sebuah kerangka kerja yang tidak hanya setia pada Kitab Suci tetapi juga benar-benar membantu.

1. Wawasan dari Awal Cerita Alkitab

Tanpa mencoba untuk membahas mekanisme dari segala sesuatu, Alkitab menegaskan bahwa ketika Allah menciptakan segala sesuatu, Ia menjadikannya baik. Asal mula segala sesuatu yang buruk, dan dengan demikian asal mula segala penderitaan, pada akhirnya terkait dengan pemberontakan manusia.

Sekarang ada hal-hal lain yang harus ditambahkan. Anda menerima aturan ini secara mutlak, dan itu keliru, tetapi sebagai aturan, Alkitab marah pada dosa manusia dan memandang penderitaan manusia sebagai sesuatu yang secara fundamental pantas diterima oleh mereka. Saya tahu bahwa ada tempat bagi penderitaan orang yang tidak bersalah; kita akan membahas semua itu, tetapi bagaimanapun juga, itu adalah kerangka acuan yang sangat ditekankan di banyak bagian Alkitab yang berbeda.

Dengan kata lain, seandainya tidak ada dosa dan pemberontakan, dan dengan itu segala macam hal yang kita lakukan terhadap satu sama lain, segala macam hal yang kita lakukan terhadap diri kita sendiri, segala macam pelanggaran yang kita perbuat kepada Allah sehingga kita menyebabkan penghakiman-Nya yang adil, maka tidak akan ada penderitaan sama sekali: tidak ada dosa, tidak ada kematian, tidak ada hal semacam itu.

Dengan risiko penyederhanaan yang berlebihan, Alkitab tidak terlalu terkejut dengan adanya penderitaan dan kematian, tetapi lebih terkejut karena Allah tidak memusnahkan kita semua. Dengan kata lain, apa yang mengherankan dalam Alkitab adalah kesabaran dan ketahanan Allah, kebaikan Allah dalam memanggil bagi diri-Nya sendiri sejumlah besar pria dan wanita dari segala bahasa dan suku dan kaum dan bangsa yang tidak memiliki jasa tertentu yang akan berdiri mengelilingi takhta pada hari terakhir dan memuji Dia atas anugerah-Nya.

Itulah yang menurut Alkitab sangat penting, luar biasa, menakjubkan, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru dalam hal ini. Meskipun ada orang-orang seperti Ayub dan Habakuk (seperti yang telah saya sebutkan) yang benar-benar mendapat masalah penderitaan yang sangat sulit, tetapi ada pengaturan yang mengejutkan dari seluruh alur cerita Alkitab tepat pada awal yang terikat dengan penciptaan dan kejatuhan. Itu adalah kerangka acuan untuk memikirkan hal-hal ini.

Itu bukanlah hal yang kebetulan. Setiap sistem pemikiran, bukan hanya kekristenan, harus memberikan suatu refleksi untuk menjelaskan penderitaan dan kejahatan. Ada beberapa sistem agama, misalnya, yang berpikir bahwa baik dan buruk serta penderitaan dan kesenangan dan seterusnya semuanya berada dalam timbangan yang setimbang dan teratur, dan kita bekerja melalui hal-hal ini dalam siklus kehidupan yang berurutan dengan harapan untuk naik sedikit lebih tinggi dalam timbangan, bereinkarnasi lagi dan lagi hingga kita lolos dari timbangan yang menarik kita ke bawah.

Yang lain berpendapat bahwa semua penderitaan terikat dengan keberadaan materi, dan apa yang pada akhirnya harus kita miliki adalah pelarian ke nirwana spiritual, tetapi masalah kita pada dasarnya adalah fisik kita, bukan pemberontakan kita.

Dan kemudian ada berbagai sistem yang didasarkan pada filsafat alam; yaitu pandangan dalam naturalisme filosofis bahwa semua yang ada hanyalah materi, energi, ruang, dan waktu; hanya itu yang ada. Tidak ada yang lain, dan semua yang terjadi hanyalah hasil dari partikel atom dan subatom yang saling bertabrakan.

Dalam kerangka acuan seperti ini, Anda harus bertanya pada diri sendiri, "Mengapa Anda harus marah? Di mana letak baik dan buruknya dalam hal ini? Mengapa Anda harus merasa begitu aneh bahwa orang lain menderita? Tentu saja hukum fisika berlaku di sini. Apakah Anda sedang mengkritik hukum fisika? Tidak ada yang perlu dikritik. Itu hanyalah cara molekul-molekul memantul!"

Sekarang Anda mungkin menganggap hal itu tidak masuk akal, tetapi yang ingin saya katakan adalah, "Saya tidak peduli apa kerangka acuan Anda, Anda harus memikirkan penderitaan dalam kerangka acuan apa pun atau Anda hanya menyembunyikan kepala Anda di pasir . Dengan kata lain, ini bukanlah masalah khas Kristen; ini adalah masalah bagi siapa saja yang berpikir secara mendalam, dan setiap filsafat, setiap pandangan dunia, setiap kerangka acuan harus memikirkan hal-hal ini.

Maka, dalam kerangka acuan tersebut, Anda harus memahami bahwa Alkitab mengatur panggung dengan mengatakan bahwa pada dasarnya semua ini adalah pelanggaran, penyembahan berhala, tidak mengesakan Allah, kejahatan, melarikan diri dari Pencipta kita yang juga adalah hakim kita dan satu-satunya harapan kita, seperti yang akan kita lihat, juga tentang penebusan. Itulah salah satu pilar yang menopang bagaimana kita berpikir tentang hal-hal ini.

2. Wawasan dari Akhir Alur Cerita Alkitab

Dengan kata lain, tidak seperti beberapa kerangka acuan yang menggambarkan kehidupan yang berputar-putar, dan mungkin Anda dapat naik sedikit lebih tinggi atau tenggelam sedikit lebih rendah di dalam sistem; pada kenyataannya, Alkitab memiliki teleologi; Alkitab memiliki titik akhir dan akan menuju ke suatu tempat.

Alkitab berasal dari suatu tempat, dan akan menuju ke suatu tempat, dan tempat yang dituju pada akhirnya adalah, di satu sisi, alam semesta yang diciptakan kembali dengan eksistensi kebangkitan, langit yang baru dan bumi yang baru, rumah kebenaran, atau penghakiman yang kekal dan abadi. Di satu sisi, Anda tidak akan dapat melihat signifikansi penderitaan yang terjadi sekarang pada masa antara, antara awal dan akhir, sampai Anda sampai pada akhirnya.

Sekali lagi, jika Anda memaksakan hal ini secara ekstrem, ini bukanlah jawaban sama sekali, tetapi, jika Anda mencocokkannya dengan pilar-pilar yang lain, hal ini memberikan Anda cara yang berbeda dalam memandang sesuatu. Kita terkadang menyanyikan hal ini, bukankah begitu, dalam lagu-lagu, paduan suara, nyanyian pujian dari masa lalu, dari masa kini? "Semuanya akan terbayar ketika kita melihat Yesus."

Itulah yang kita nyanyikan. Jadi kita beralih ke dua pasal terakhir dalam Alkitab, dan di sana Yohanes sang pelihat mendengar suara Allah yang mengatakan bahwa tidak akan ada lagi penderitaan atau dukacita atau ratap tangis atau kematian, karena tatanan yang lama telah berlalu. Dan seluruh jemaat berseru, "Ya, meskipun demikian, datanglah, Tuhan Yesus."

Itu tidak menjelaskan semua penderitaan yang terjadi sekarang. Jangan salah paham, tetapi di sisi lain, penderitaan saat ini pun terlihat sedikit berbeda ketika ditimbang dengan kekekalan. Dan memang secara historis, salah satu fungsi terbesar dari Injil itu sendiri di dalam gereja telah dipahami sebagai sesuatu yang mempersiapkan kita untuk mati. Orang-orang Kristen pada banyak periode dalam sejarah gereja telah dikenal sebagai "mereka yang tahu bagaimana cara mati dengan baik."

Istri saya adalah seorang penyintas kanker. Sebelas tahun yang lalu ia menjalani mastektomi ganda, dan hampir semua hal yang bisa salah menjadi salah, dan akhirnya kami hampir kehilangan dia dua kali. Namun, sebagian karena hal ini, ia menjadi seperti malaikat yang membawa belas kasihan bagi orang lain yang telah mengalami berbagai jenis kanker.

Beberapa tahun yang lalu di gereja kami, ada seorang wanita yang menderita kanker payudara beberapa tahun sebelumnya, dan dianggap masih terlalu dini sehingga ia mengira ia telah lolos dengan pengobatan yang cukup ringan. Namun kemudian, kanker itu kembali. Kanker itu didiagnosis pada bulan Mei, dan itu kembali dengan serangan balik. Itu sangat ganas. Pada bulan September, dia sudah cukup sakit.

Karena wanita ini terkenal, tidak hanya di gereja kami, tetapi di seluruh daerah karena aktivisme dan kepeduliannya terhadap misi serta kepemimpinannya di berbagai bidang, akhirnya gereja kami mengadakan persekutuan doa sehari untuknya. Ada 281 orang yang hadir dari seluruh daerah. Saya sedang berada di luar kota. Istri saya hadir dan banyak sekali doa yang dipanjatkan untuk wanita ini, yang akan kami sebut Mary.

Mary tidak hanya menjalankan pelajaran Alkitab dan hal-hal semacam itu, dia memulai sebuah bisnis dengan menggunakan banyak sekali sukarelawan yang sebagian besar keuntungannya disumbangkan untuk misi. Dia dan suaminya menyediakan setengah dari ruang bawah tanah mereka untuk barang-barang yang dibutuhkan para misionaris ketika mereka pulang. Mereka pulang ke rumah, dan mereka tidak memiliki selimut, pemanggang roti, dan ceret listrik; mereka harus sering memulai dari awal lagi.

Mereka menyediakan barang-barang ini, dan dia mengumpulkan barang-barang bekas, apa pun itu. "Tidak ada sampah! Para misionaris layak mendapatkan yang lebih baik daripada sampah." Dia sedikit pemarah dan mendominasi dengan caranya sendiri, tetapi dia mengatur segala sesuatunya dengan baik, dan semua perlengkapan ini ada di sana. Dia memimpin tim untuk membantu orang-orang di berbagai penjuru dunia yang membutuhkan bantuan. Dia adalah seorang wanita yang luar biasa. Maka jemaat berkumpul untuk berdoa.

"Ya Tuhan, Engkau tahu semua kebaikan yang telah dilakukannya. Engkau tahu bagaimana anak-anaknya, meskipun mereka sudah dewasa sekarang, mereka masih membutuhkannya, dan juga suaminya. Tuhan, Engkau tidak ingin memutuskan orang seperti ini dari semua pekerjaan baik yang telah ia lakukan. Bukankah Yesus adalah tabib yang agung, dan kemarin, hari ini, dan selamanya Dia tidak berubah? Tidakkah Engkau akan menyembuhkannya? Tuhan, jika dua atau tiga orang di dunia ini sepakat untuk menyentuh sesuatu, lihatlah kami... ada 281 orang di antara kami, Tuhan!"

Permintaan menjadi semakin kuat dan semakin kuat, permohonan semakin berapi-api, sampai akhirnya giliran istri saya untuk berdoa. Ia berdoa, "Ya Bapa surgawi, jika Engkau menyembuhkan Mary yang malang ini, kami akan sangat berterima kasih. Akan tetapi, jika tidak, ajarkanlah dia untuk meninggal dengan baik. Berikanlah dia rasa lapar akan kekekalan, rasa rindu akan surga. Berikanlah warisan iman untuk suami dan anak-anaknya. Beri dia kepercayaan kepada Juru Selamat. Bantulah dia untuk melihat bahwa dunia ini bukanlah rumah kami. Tolonglah dia untuk meninggal dengan baik."

Yah, Anda bisa saja merasa bahwa sesuatu yang tidak menyenangkan akan segera terjadi dalam situasi di mana setiap orang merasa sangat gugup. Kami diberitahu setelah itu bahwa beberapa kerabat lebih berharap bahwa kanker istri saya akan muncul dengan sendirinya dengan pembalasan yang sempurna sehingga dia akan mengalami lebih banyak lagi apa yang dia katakan. Namun, tahukah Anda? Itulah jenis doa yang dilakukan pada masa Puritan sepanjang waktu. Sepanjang waktu. Itu bahkan bukan hal yang aneh di sebagian besar periode gereja.

Hanya saja saat ini dengan adanya banyak bantuan medis, jika seseorang jatuh sakit, kita pikir Layanan Kesehatan Nasional sebaiknya segera mengatasinya atau saya akan menuntut! Ini adalah kerangka acuan yang lain, dan ini telah melatih kita untuk berpikir bahwa hidup kita, keberadaan kita, kebahagiaan kita, kerangka acuan kita, signifikansi kita semua terikat pertama-tama dengan kehidupan ini, alih-alih melihat kehidupan ini sebagai suatu selubung ujian dan air mata sebelum eksistensi kebangkitan yang disempurnakan datang.

Perhatikan, sebuah gereja yang berfungsi dengan setia pada Injil secara sadar dan berulang kali akan membantu orang-orang untuk meninggal dengan baik. Hal ini tidak menjawab semuanya, tetapi ini adalah bagian dari kerangka acuan yang merupakan bagian intrinsik dari Injil. Apa yang diandaikannya adalah bahwa tidak ada utopia di dunia ini. Banyak dari kita adalah orang-orang utopis yang abadi. Utopia secara harfiah berarti "tidak ada tempat," tetapi kita terus berharap ada tempat seperti itu.

Kita mengira jika kita mendapatkan hasil yang tepat dalam pemilihan umum, jika kita mendapatkan partai politik yang tepat, jika kita memiliki sistem ekonomi yang tepat, jika kita memiliki hak ini atau hak itu, maka kita akan memiliki masyarakat yang sempurna. Dan tentu saja, tidak pernah berhasil seperti itu, justru karena meskipun mungkin ada kebijakan yang lebih baik dan lebih buruk, dan sistem yang lebih baik dan lebih buruk, pada akhirnya, pada akhirnya, sebut saja kebijakannya, sebut saja partainya, sebut saja sistemnya, dan kita bisa mengacaukannya. Ini adalah bagian dari konsekuensi dari kejatuhan.

Dan setelah kita memiliki semua obat kita, kita akan terserang virus super, atau lebih banyak lagi Alzheimer, atau AIDS yang muncul entah dari mana, karena di sini kita tidak memiliki kota yang abadi. Dan, menurut rasul Paulus dalam Roma 8, seluruh ciptaan mengeluh dalam kesengsaraan, menantikan saat pengangkatan anak-anak.

Saya membawa sebuah esai dari C.S. Lewis. Esai ini tidak terlalu aplikatif; tetapi menyentuh topik ini secara langsung. Saya sarankan Anda untuk mencari dan mengunduhnya secara online. Anda dapat menemukannya di banyak tempat. Saya memiliki salinannya dalam bentuk kertas dari sebuah buku, Fern-Seed and Elephants and Other Essays on Christianity (Benih Pakis dan Gajah serta Esai-Esai Lain tentang kekristenan, Red.).

Esai ini berjudul -- Learning in War-Time.-("Belajar di Masa Perang" Red.) Biar saya jelaskan untuk Anda. C.S. Lewis adalah seorang prajurit infanteri dalam Perang Dunia I, perang yang paling berdarah dan paling bodoh di mana puluhan ribu orang dapat dihabisi dengan senapan mesin dari kedua belah pihak, dihabisi dengan peluru artileri dalam rentetan demi rentetan, sekali lagi melalui parit-parit, dan tidak ada kemajuan kecuali beberapa ratus meter lalu beberapa ratus meter ke arah lain.

Dalam perang itu, ia melihat sebagian besar teman seangkatannya terbunuh, tetapi entah bagaimana ia selamat. Hanya 20 tahun kemudian, Perang Dunia II pecah. Pendeta di Gereja Universitas di Oxford tidak tahu harus berkata apa, dan karena C.S. Lewis sudah mulai membangun nama untuk dirinya sendiri sebagai seorang Kristen dan memikirkan hal-hal ini, ia diminta untuk berbicara kepada para mahasiswa.

Bagaimana Anda terus belajar pada masa perang? Konflik dunia lain di mana Anda membabat habis generasi manusia tanpa henti? Bagaimana Anda terus belajar? Bukankah semua kehidupan menjadi konyol dan tidak penting, bodoh, brutal? Itu saja. Jadi dia naik ke mimbar, dan inilah yang dia katakan (saya tidak akan menyampaikan semuanya, hanya beberapa paragraf):

"Universitas adalah sebuah masyarakat untuk mengejar pembelajaran. Sebagai mahasiswa, Anda akan diharapkan untuk menjadikan diri Anda, atau mulai menjadikan diri Anda, menjadi apa yang pada Abad Pertengahan disebut sebagai pegawai: menjadi filsuf, ilmuwan, cendekiawan, kritikus, atau sejarawan. Dan sekilas hal ini tampaknya merupakan hal yang aneh untuk dilakukan selama perang besar.

Apa gunanya memulai tugas yang kemungkinan besar tidak akan kita selesaikan? Atau, bahkan jika kita sendiri kebetulan tidak terganggu oleh kematian atau dinas militer, mengapa kita -— bagaimana kita bisa—terus menaruh minat pada pekerjaan-pekerjaan yang tenang ini ketika nyawa teman-teman kita dan kebebasan Eropa berada dalam keseimbangan? Bukankah itu sama saja dengan bermain-main sementara Roma terbakar?

Sekarang, menurut saya, kita tidak akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sebelum kita menempatkannya di samping pertanyaan-pertanyaan lain yang seharusnya ditanyakan oleh setiap orang Kristen pada masa damai. Tadi saya berbicara tentang bermain-main sementara Roma terbakar. Namun, bagi seorang Kristen, tragedi Nero yang sebenarnya bukanlah bahwa ia bermain-main ketika kota itu terbakar, melainkan ia bermain-main di tepi jurang neraka.

Anda harus memaafkan saya atas kata-kata kasar ini. Saya tahu bahwa banyak orang Kristen yang lebih bijaksana dan lebih baik daripada saya sekarang ini tidak suka menyebut surga dan neraka bahkan di atas mimbar. Saya juga tahu bahwa hampir semua referensi tentang hal ini di dalam Perjanjian Baru berasal dari satu sumber. Namun, sumber itu adalah Tuhan kita sendiri.

Orang-orang akan mengatakan bahwa itu adalah Santo Paulus, tetapi itu tidak benar. Doktrin-doktrin yang sangat banyak ini bersifat dominikal [yang berarti berasal dari Yesus]. Mereka tidak benar-benar dapat dilepaskan dari ajaran Kristus atau Gereja-Nya .... Saat kami menyebutkan hal-hal ini, kita dapat melihat bahwa setiap orang Kristen yang datang ke sebuah universitas setiap saat harus menghadapi sebuah pertanyaan yang jika dibandingkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang ditimbulkan oleh perang, maka pertanyaan-pertanyaan yang ditimbulkan oleh perang itu relatif tidak penting.

Seorang Kristen harus bertanya pada dirinya sendiri bagaimana mungkin, atau bahkan secara psikologis mungkin, bagi makhluk-makhluk yang setiap saat maju ke surga atau ke neraka, untuk menghabiskan sebagian kecil dari sedikit waktu yang mereka miliki di dunia ini untuk hal-hal yang sepele seperti literatur atau seni, matematika atau biologi. Jika budaya manusia dapat bertahan terhadap hal itu, maka budaya manusia dapat bertahan terhadap apa pun."

Dan kemudian dia mencari alasan mengapa orang Kristen harus dapat berpikir tentang mikrobiologi atau fisika atau apa pun bahkan ketika Anda berpikir tentang surga dan neraka. Kemudian dia kembali ke perang dan (berani saya katakan?) meremehkan perang. Ini adalah karya yang mengharukan, yang ditulis bukan oleh seorang ahli teori, tapi seseorang yang telah melihat senapan mesin membabat habis beberapa generasi.

Perhatikan, ini adalah kerangka acuan kedua di mana kita harus mengambil beberapa wawasan dari Alkitab. Ada wawasan yang diambil dari akhir zaman juga. Kita melihat segala sesuatunya dengan cara yang sangat berbeda. Di dalam Alkitab, gempa bumi, tragedi, apa yang disebut sebagai keinginan alamiah secara teratur diperlakukan sebagai hal-hal yang menandakan penghakiman terakhir. Anda berpikir bahwa ini adalah bencana yang mengerikan sekarang; di satu sisi, ini adalah antisipasi dari akhir zaman.

Maka dalam Lukas pasal 13, Yesus berkata, "Bagaimana dengan bencana alam seperti menara yang menimpa orang dan sejumlah orang mati? Apakah menurutmu hal itu terjadi karena mereka lebih jahat dari yang lain?" Apakah menurutmu tsunami yang menimpa banyak orang karena mereka lebih jahat daripada yang lain? "Tidak," kata Yesus, "Kecuali kamu bertobat, kamu semua akan binasa." Dalam beberapa hal, semua itu adalah antisipasi dari akhir zaman.

3. Wawasan dari Tempat Penderitaan Orang yang Tidak Bersalah

Karena terlepas dari kerangka acuan yang besar, penderitaan pada akhirnya dapat ditelusuri kembali ke kejatuhan. Terlepas dari hal-hal yang besar ini, ada cukup banyak bagian dalam Alkitab yang berbicara tentang penderitaan orang yang tidak bersalah. Meskipun ada cara pandang yang melihat bahwa jika tidak ada kejatuhan, kutukan, kematian, maka tidak akan ada penderitaan, tetapi banyak juga bayi yang tidak melakukan sesuatu yang tidak pantas, juga mengalami kelaparan. Dan mungkin tidak ada drama yang lebih kuat daripada kisah Ayub.

Ayub, jika Anda ingat, digambarkan sebagai orang yang paling saleh di timur, dan ketika puisi itu terungkap dalam epik dramatis ini, yang merupakan cara penyajiannya, kesalehan pria itu benar-benar menakjubkan. Dia membuat perjanjian dengan matanya bahwa dia tidak akan menatap seorang wanita muda dengan penuh nafsu. Tidak ada seorang pun di daerahnya yang dibiarkan kelaparan atau miskin karena dia akan menjaga mereka dan menyediakan pekerjaan.

Dia berdoa terlebih dahulu untuk 10 anaknya agar mereka tidak berdosa di dalam hati dan melakukan sesuatu. Dia berdoa terlebih dahulu agar Allah mengampuni dan menyelamatkan mereka. Dia adalah orang yang luar biasa. Apa yang tidak ia ketahui adalah apa yang diketahui oleh para pembaca kisah ini; ada semacam pertaruhan di latar belakang kisah ini antara Allah dan Iblis.

Iblis berkata, "Ayub adalah orang yang takut akan Allah karena Engkau telah memberkatinya begitu banyak. Cabutlah berkat-berkat itu dan kita akan melihat bahwa dia sama sekali bukan orang yang takut akan Engkau, Allah. Dia hanya ada di dalamnya, seperti seekor anjing pudel di dalam rumah yang tahu siapa yang memberinya makan dan dapat menjadi anjing kecil yang baik bagi si pemberi makan." Jadi Ayub adalah anjing kesayangan Allah. "Singkirkan makanannya, dan kita akan melihat orang percaya seperti apa dia."

Maka Allah memberikan izin atas percobaan itu. Dia mulai dengan kehilangan semua ternaknya, kekayaannya, kawanan ternaknya yang banyak karena dirampok oleh gerombolan orang Sabean dan Kasdim. Badai akhirnya datang, dan rumah tempat 10 anaknya berpesta (pesta demi kebaikan, pesta yang tidak ada perbuatan dosa) runtuh, dan kesepuluh anaknya mati.

Seiring berjalannya cerita, kesehatannya semakin memburuk sehingga dia tidak melakukan apa-apa selain duduk di tumpukan abu sambil mengorek-ngorek koreng dengan pecahan tembikar. Dalam semua ini, istrinya, yang putus asa, menambahkan suara mengomel, "Kutukilah Allah dan matilah. Sudahi saja semua ini! Terkutuklah semuanya!" Namun Ayub berkata, "Dengan telanjang aku keluar dari rahim ibuku, dan dengan telanjang pula aku akan kembali ke sana. TUHAN memberi, TUHAN telah mengambil. Terpujilah nama TUHAN!"

Kemudian ketiga temannya muncul, dan dengan teman-teman seperti itu, siapa yang butuh musuh? Satu-satunya hal yang bijaksana yang mereka lakukan adalah duduk dan berdiam diri serta menangis bersamanya dan mengamati selama minggu pertama. Kemudian alasan teologis mereka mulai muncul.

"Ayub, apakah kamu percaya bahwa Allah itu adil?"

"Ya, aku percaya."

"Jadi, Allah memberikan hukuman kepada mereka yang layak menerimanya?"

"Ya."

"Pernahkah terpikir olehmu, Ayub, bahwa Allah mungkin sedang mencoba memberitahukan sesuatu kepadamu? Hmm?"

Ayub menjawab, setidaknya pada awalnya dengan sedikit halus, dia berkata, "Dengar. Aku tahu bahwa Allah itu adil. Aku tahu bahwa tidak ada seorang pun yang dapat mengkritik keadilan-Nya, tetapi aku harus mengatakan kepadamu, aku tidak bersalah. Aku tidak pantas menerima ini. Terus terang aku berharap aku tidak pernah dilahirkan. Penderitaan ini sungguh tidak bisa dipercaya. Aku hanya berharap aku tidak pernah dilahirkan."

Dan itu mempengaruhi kesombongan yang mengejutkan. (Saya tidak tahu harus menyebutnya apa lagi.) "Ayub, apakah kamu mendengar apa yang kamu katakan? Kamu mengatakan bahwa kamu tidak pantas menerima ini, tetapi bukankah itu berarti Allah memberikan sesuatu yang tidak adil? Apakah kamu mengatakan bahwa Allah tidak adil?" Ia kemudian berkata, "Tidak, tidak, aku tidak ingin mengatakan itu. Allah itu adil. Allah itu suci. Allah itu benar. Aku tidak dapat menjelaskannya, tetapi aku tahu bahwa apa yang aku derita di sini tidaklah adil. Ini tidak benar."

"Ayub, Ayub, kamu sedang bertentangan dengan dirimu sendiri. Kamu hampir saja menghujat Allah! Jika kamu mengatakan bahwa kamu menderita secara tidak adil, dan kamu percaya bahwa Allah benar-benar berdaulat, bukankah kamu benar-benar mengatakan bahwa Allah pada akhirnya bertanggung jawab atas sesuatu yang tidak adil?"

Bahasanya menjadi semakin rumit dan semakin rumit hingga Ayub mengatakan hal-hal di satu sisi, seperti, "Sekalipun Dia membunuhku, aku akan tetap percaya kepada-Nya!" Di sisi lain, "Seandainya aku punya pengacara, aku akan menuntutnya!" Dia mengatakan kedua hal tersebut. Dia berada di ambang anarki, tetapi pada saat yang sama dia tidak bisa melepaskan Tuhan.

Akhirnya ada suara keempat yang muncul, Elihu. Kita akan melewatkannya. Akhirnya Allah berbicara, dan Dia memberikan dua pasal yang berisi pertanyaan retoris. "Ayub, apakah kamu pernah menciptakan kepingan salju? Apakah kamu ada saat Aku merancang kuda nil? Pernahkah kamu melemparkan rasi bintang ke dalam eter? Apakah kamu pernah merancang Orion, misalnya? Dapatkah kamu memberi Aku sebuah Orion?"

Setelah dua atau tiga pasal seperti ini, Ayub akhirnya berkata, "Ampuni aku. Aku bereaksi terlalu cepat. Aku mengerti. Engkau membuat poin yang benar. Ada banyak hal yang tidak kupahami, dan seharusnya aku mengingatnya." Allah berkata, "Berdirilah tegak, Aku belum selesai!" Dan Dia memberikan dua pasal lagi yang berisi pertanyaan-pertanyaan retoris.

Pada akhirnya, di pasal 42, Allah mengutuk para penghibur yang menyedihkan karena teologi mereka yang konyol dan mudah untuk ditiru: Jika Anda menderita, itu karena Anda jahat; jika Anda bahagia, itu karena Anda baik. Hidup tidak sesederhana itu. Mereka benar-benar jahat dalam memanipulasi Ayub.

Dan Ayub dipuji karena pada dasarnya dia mengatakan kebenaran tentang Allah, tetapi dia ditegur karena dia berpikir bahwa Allah berutang penjelasan kepadanya. Salah satu pelajaran yang harus Ayub pelajari adalah bahwa terkadang Allah lebih tertarik pada kepercayaan kita daripada kemampuan kita untuk memberikan penjelasan yang teodisi, membela kebaikan dan keadilan Tuhan dalam menghadapi adanya kejahatan dan penjelasan mengapa hal-hal ini terjadi.

Ada beberapa ayat lain yang dapat kita tempatkan dalam hal ini, tetapi saya akan mengesampingkannya. Akan tetapi, yang harus kita lihat adalah bahwa Allah lebih dari sekadar jin di dalam lampu Aladdin. Jin dalam lampu Aladin dapat memberikan apa pun yang Anda inginkan, tetapi pada akhirnya, siapa yang mengendalikan jin tersebut? Jin dikendalikan oleh siapa pun yang memegang lampu dan menggosoknya.

Allah dalam Alkitab bukanlah Allah yang akhirnya dijinakkan oleh kita, asalkan kita belajar dengan benar bagaimana cara menggosok Alkitab atau apa pun yang kita lakukan. Pergilah ke liturgi yang benar. Jadilah seorang Anglikan yang baik demi kebaikan. Sesuatu yang dapat membuat Allah berpihak. Allah tidak akan bisa dikendalikan. Dia bukan hanya jin yang sangat besar. Akan ada beberapa misteri yang tersisa. Dia tidak akan bisa dikendalikan.

4. Wawasan-Wawasan dari Misteri Providensia

Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dengan mudah saya jelaskan dalam beberapa jam dan hanya membahas permukaannya saja, tetapi ini adalah salah satu area, sekali lagi, di mana Alkitab penuh dengan tema ini, dan ini adalah salah satu tema yang sebenarnya diabaikan oleh banyak orang Kristen saat ini. Ini adalah salah satu hal yang perlu dibawa kembali ke dalam pusat pemikiran kita.

Sekali lagi, kaum Puritan lebih baik dalam hal ini daripada kita. Mereka menulis buku dengan judul-judul seperti, Mystery of Providence (Misteri Providensia). Saya akan jelaskan seperti ini. Saya ingin berargumen bahwa Alkitab mengandaikan atau secara eksplisit mengajarkan dua proposisi secara bersamaan. Izinkan saya memberi tahu Anda apa saja dua proposisi itu:

  1. Allah berdaulat secara mutlak dan sepenuhnya, tetapi kedaulatan-Nya tidak menghilangkan atau mengurangi tanggung jawab manusia.

  2. Manusia adalah makhluk yang bertanggung jawab secara moral.

Maksud saya, kita memilih, kita percaya, kita tidak percaya, kita taat, kita tidak taat, dan ada makna moral dalam apa yang kita lakukan. Kita adalah makhluk yang bertanggung jawab secara moral, tetapi fakta ini tidak menodai atau mengurangi kedaulatan Allah yang absolut. Kepala Anda bisa sakit dengan hal-hal semacam itu. Izinkan saya memberikan dua atau tiga ayat agar Anda dapat memahami apa yang saya maksud.

Dalam Kejadian 50:19-20, orang tua itu telah meninggal, dan Yusuf, yang kini menjabat sebagai perdana menteri Mesir, dihadapkan pada saudara-saudaranya yang masih hidup, yang khawatir bahwa dengan meninggalnya orang tua itu, Yusuf akan melakukan pembalasan dendam kepada mereka karena beberapa dekade sebelumnya mereka telah menjualnya ke dalam perbudakan.

Jadi mereka memberikan sebuah pernyataan atau penjelasan yang panjang dan seringkali familier (apakah mereka mengatakan yang sebenarnya atau tidak, tidak begitu jelas dari narasi) tentang bagaimana orang tua itu telah mengatakan kepada mereka bahwa Yusuf tidak seharusnya melakukan hal itu dan seterusnya. Yusuf secara transparan hanya sedikit terluka karena mereka berpikir bahwa dia akan mendatangkan malapetaka pada mereka. Dia berkata, "Apakah aku ini pengganti Allah? Dengar, ketika kalian menjual aku ke dalam perbudakan, kalian bermaksud jahat, tetapi Allah bermaksud baik, untuk menyelamatkan banyak orang seperti hari ini."

Karena dia pergi ke dalam perbudakan, segala sesuatunya berjalan dengan baik dalam pemeliharaan Allah yang misterius sedemikian rupa sehingga firaun menafsirkan mimpi itu sedemikian rupa sehingga ketika tujuh tahun yang baik tiba, dia menimbun lumbung-lumbung dan membangun lumbung-lumbung yang lebih besar serta mempersiapkan diri untuk tujuh tahun paceklik yang akan datang, yang tidak hanya mencegah terjadinya kelaparan yang hebat di Israel tetapi juga membantu menyelamatkan keluarga yang terdiri dari 40 orang yang hidup di Kanaan yang turun ke Mesir untuk mendapatkan makanan.

Jadi, "Ketika kamu menjual aku ke dalam perbudakan, kamu bermaksud jahat, tetapi Allah bermaksud baik." Pikirkan baik-baik apa yang tidak dikatakan oleh ayat ini. Ayat ini tidak mengatakan, "Allah bermaksud mengirim aku ke Mesir dengan limusin ber-AC yang dikemudikan sopir, tetapi sayangnya kalian mengacaukannya, jadi saya datang ke sini sebagai budak. Ini bukan seolah-olah Allah telah merencanakan sesuatu yang baik, dan kemudian rencana Allah itu entah bagaimana disimpangkan, dialihkan, dan dirusak oleh saudara-saudara yang jahat ini.

Ayat ini juga tidak mengatakan, "Kalian berniat mencelakakan aku, tetapi Allah, terpujilah nama-Nya, datang dengan bidak putih dan membalikkan keadaan. Dia adalah pemain catur yang lebih baik daripada kalian. Kalian bisa melakukan semua hal yang jahat di dunia, tetapi Dia mengambil langkah berikutnya, dan pada akhirnya Dia yang menang." Ia tidak mengatakan seperti itu. Bukan berarti saudara-saudara digambarkan sebagai orang yang mengambil inisiatif, lalu Allah datang dan membalikkan keadaan. Atau Allah digambarkan sebagai yang mengambil inisiatif, dan kemudian saudara-saudara mengacaukannya.

Sebaliknya, dalam satu peristiwa yang sama, kalian bermaksud jahat, tetapi Allah bermaksud baik. Bagaimana hal ini terjadi dalam misteri providensia, saya tidak tahu, tetapi ini adalah tema yang sangat, sangat umum di dalam Alkitab. Izinkan saya menyebutkan beberapa referensi yang dapat Anda baca sendiri.

Bacalah, misalnya, Yesaya 10, ayat 5 dan selanjutnya yang di dalamnya pada satu sisi, kekaisaran Asyur dilihat sebagai alat di tangan Allah, sebuah alat perang yang digunakan-Nya untuk menghajar umat-Nya. Tidak lebih dari sebuah alat. Dan di sisi lain, bangsa Asyur bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan, dan Allah akan meminta pertanggungjawaban mereka. Keduanya dianggap benar.

Mungkin tidak ada tempat yang lebih jelas daripada di kayu salib itu sendiri. Ketika aroma penganiayaan pertama kali muncul dalam Kisah Para Rasul pasal 4, mereka yang telah ditangkap kembali dan berdoa bersama orang-orang Kristen yang mengutip Mazmur 2, "Mengapa orang-orang kafir marah dan berkumpul melawan Tuhan dan orang-orang yang diurapi-Nya...?" Dan setelah mengutip Mazmur 2, mereka melanjutkan dengan berdoa dalam Kisah Para Rasul 4:27-28, "Sesungguhnya Pilatus dan Herodes serta pemimpin-pemimpin Yahudi telah bersekongkol untuk melawan hamba-Mu yang kudus, Yesus." Itulah sebabnya Yesus pergi ke kayu salib; ada persekongkolan, sebuah korupsi keadilan.

Dan kemudian ayat berikutnya, ayat 28 mengatakan, "Sesungguhnya mereka telah melakukan apa yang telah ditentukan oleh tangan-Mu untuk dilakukan." Jika Anda menghilangkan ayat 27 atau ayat 28 sehingga Anda hanya menyisakan satu ayat saja, maka Anda telah menghancurkan kekristenan. Anda menghancurkan seluruh isi Alkitab. Mari saya jelaskan.

Seandainya Anda hanya percaya ayat 27; Anda tidak percaya ayat 28. Yesus naik ke kayu salib karena ayat 27; yaitu karena ada persekongkolan jahat di antara para pemimpin dan penguasa pada saat itu (entah itu orang Yahudi atau Romawi atau Herodian... tidak masalah.) Ada persekongkolan yang jahat dan pada dasarnya itulah alasan mengapa Yesus naik ke kayu salib.

Itu berarti bahwa Yesus pergi ke kayu salib pada dasarnya adalah sebuah kecelakaan sejarah, bukan untuk menggenapi tema Paskah yang agung, misalnya, dalam Perjanjian Lama, atau untuk menjadikan-Nya sebagai kurban agung pada Hari Raya Pendamaian yang terakhir, Yom Kippur dalam Perjanjian Lama, atau karena hal itu merupakan rencana Allah sejak sebelum dunia dijadikan, yaitu untuk mengutus Anak-Nya ke kayu salib, untuk membayar dosa-dosa kita dengan tubuh-Nya di atas kayu salib. Tidak, ini adalah sebuah kecelakaan sejarah.

Bagaimana Anda dapat mengatakan bahwa hal yang paling penting di jantung iman Kristen, yaitu salib dan kebangkitan Yesus, tidak lebih dari hasil konspirasi dua orang di sebuah kerajaan kecil di Timur Tengah yang diperintah dari Roma? Bagaimana Anda bisa melihatnya seperti itu? Salib tiba-tiba tidak masuk akal sama sekali. Itu hanyalah sebuah kecelakaan sejarah. Beberapa orang disalibkan, dan beberapa tidak.

Di sisi lain, jika Anda menekankan ayat 28, Anda tidak memiliki tempat untuk ayat 27. Jika Anda mengatakan pada akhirnya, "Alasan mengapa Yesus mati di kayu salib adalah karena Allah telah menentukan sebelumnya bahwa inilah yang akan terjadi. Jadi Pilatus dan Herodes dan orang-orang Yahudi, mereka hanya melakukan apa yang telah Allah tetapkan sebelumnya. Mereka tidak bertanggung jawab. Ini bukanlah konspirasi; ini adalah kedaulatan Allah yang bekerja dengan cara yang fatalistik.

Akan tetapi Anda lihat, jika tidak ada kejahatan dalam penyaliban Yesus, jika tidak ada konspirasi, jika tidak ada dosa karena Anda bersandar pada kedaulatan Allah, maka jika Allah berdaulat, tidak ada dosa di mana pun. Jika dari kedaulatan Allah Anda belajar bahwa tidak ada yang bertanggung jawab atas apa pun karena Allah berdaulat, maka tidak ada dosa yang harus ditebus; itu hanyalah alam semesta yang fatalistik. Hanya itu yang ada. Tidak ada dosa yang harus dibayar, jadi Anda tidak membutuhkan salib. Sekali lagi, Anda telah menghancurkan penyaliban. Anda telah menghancurkan signifikansi dari pesan Injil.

Namun ketika Anda menggabungkan keduanya, betapapun kedua ayat tersebut sangat menyakitkan kepala Anda ketika Anda membacanya bersama-sama, maka semuanya akan menjadi sangat jelas pada saat yang bersamaan. Di satu sisi, Yesus memang mati karena persekongkolan dua orang di sebuah negara kecil di ujung timur Mediterania pada abad pertama, dan di sisi lain, ini adalah rencana Allah yang luar biasa dalam misteri providensia untuk menghadirkan pengorbanan yang memikul dosa saya di dalam tubuh-Nya sendiri di atas kayu salib.

Dengan menggunakan bahasa Wahyu 13 dan Wahyu 17, "Sesungguhnya, hal ini telah diikat dengan rencana Allah sejak kekekalan." Kristus dalam satu pengertian dipandang telah mati dalam pikiran Allah sebelum dunia dijadikan, disalibkan bagi kita, dalam pikiran Allah, sebelum ada waktu. "... disalibkan sebelum dunia dijadikan," demikian tertulis dalam ayat ini.

Namun, itu berarti ada ketegangan yang berjalan di bawah misteri providensia antara kedaulatan Allah yang dapat dipercaya, dengan kejahatan dan kefasikan serta persekongkolan dan hal-hal buruk yang terjadi di dunia ini. Anda harus memasukkan keduanya ke dalam pemikiran Anda setiap saat, setiap waktu, sehingga Anda tidak ingin berkata, "Ah, baiklah, banyak orang yang mati di Pakistan; Allah berdaulat. Terpujilah Allah."

Namun, Anda juga tidak ingin mengatakan, "Perang yang sedang terjadi di Afghanistan dan terus berlanjut, itu hanyalah hasil dari Iblis dan pekerjaannya serta kejahatan manusia. Allah tidak ada hubungannya dengan hal itu. Allah hanya melakukan hal-hal yang baik. Dia tidak bertanggung jawab dalam hal apa pun. Dia tidak memiliki kedaulatan atas perang itu." Tidak, Anda masih mengatakan bahwa tujuan Allah akan menang, dan tidak ada yang luput dari batas-batas terluar kedaulatan-Nya.

Untuk lebih jauh lagi, Alkitab menunjukkan kedaulatan Allah yang begitu luas sehingga tidak ada yang luput dari batas-batasnya. Namun, Allah berdiri di belakang kebaikan dan kejahatan secara asimetris; artinya, Dia tidak berdiri di belakang keduanya dengan cara yang sama. Dia berdiri di belakang kebaikan sedemikian rupa sehingga kebaikan itu pada akhirnya selalu disebabkan oleh-Nya, tetapi Dia berdiri di belakang kejahatan sedemikian rupa sehingga kejahatan itu selalu disebabkan oleh sebab-sebab sekunder.

Dan jika Anda berkata, "Kedengarannya agak mudah bagi Allah," saya akan berkata, "Itulah satu-satunya Allah yang ada." Tema-tema ini sangat umum di dalam Alkitab. Alkitab yang menegaskan bahwa Allah berdaulat juga menegaskan bahwa Allah selalu baik. Alkitab tidak pernah menampilkan Allah sebagai Allah yang berdaulat dalam pengertian bahwa Ia berdiri di belakang kebaikan dan kejahatan dengan cara yang sama. Tidak, Allah itu baik. Ia baik, baik. Ia baik, baik, baik. Ia hanya baik. Menggunakan bahasa Yakobus 1: "Dia tidak seperti cahaya alami yang selalu memberikan bayangan yang berubah-ubah kepada kita."

Di dunia alamiah, jika ada sesuatu yang menghalangi cahaya, secara otomatis benda itu akan menghasilkan bayangan. Tidak demikian halnya dengan Allah. Tidak ada bayangan. Dengan kata lain, Dia tidak pernah memiliki sisi gelap.

Dalam Star Wars, ada sisi gelap. The Force bersifat netral; ada sisi baik dan ada sisi yang gelap. Sisi mana yang menang sepenuhnya tergantung pada Anda. Namun, bagi Allah, dia hanya baik, baik, baik. Tidak ada sisi buruknya; tidak ada sisi gelapnya. Dia hanya baik, tetapi Dia tetap berdaulat atas seluruh kekacauan, tetapi secara asimetris sehingga Dia berdiri secara berbeda di belakang yang baik dan yang jahat. Suatu hari nanti kita akan melihat bahwa hal ini akan terjadi di langit yang baru dan bumi yang baru.

Inilah sebabnya mengapa kita dapat mempercayai Dia di tengah-tengah penderitaan kita. Dan hal ini membawa saya pada poin kelima. Untuk yang satu ini, saya berharap saya dapat menghabiskan banyak waktu, tetapi saya tidak bisa. Saya hampir tidak akan mengatakannya; tetapi, hal ini sangat mendasar.

5. Wawasan dari sentralitas inkarnasi dan salib

Apakah Anda pahami? Ketika Anda tidak dapat menjelaskan mengapa Anda mengalami penderitaan yang menyedihkan seperti yang Anda alami, yang dapat Anda lakukan jika Anda adalah seorang Kristen, adalah kembali kepada Yesus yang hampir tidak bergerak di kayu salib. Karena Allah yang berdaulat adalah juga Allah yang mengutus Yesus ke kayu salib.

Saya mengenal seorang pria yang beberapa tahun yang lalu bersama istri dan dua anaknya berada di negara lain. Anak perempuannya berusia sekitar 14 tahun, hampir 15 tahun, dan ketika mereka berada di negara lain yang jauh dari rumah, ia mendengar bahwa sahabatnya, yang juga berusia 14 tahun, baru saja didiagnosis menderita leukemia, sesaat sebelum ia seharusnya terbang dan merayakan Natal bersama keluarga yang berada di luar negeri.

Anak perempuan dari keluarga Kristen ini terbang pulang untuk menjenguk sahabatnya yang lain dan kembali dan tinggal bersama keluarga di luar negeri. Banyak email dan panggilan telepon bolak-balik. Namun pada akhirnya, pada bulan Juni tahun itu, anak perempuan yang mengidap leukemia itu meninggal dunia. Anak yang satu lagi berusia 15 tahun pada musim panas itu.

Dia menangis dengan baik. Dia berduka dengan baik. Dia berbicara tentang hal itu. Dia tidak menguburnya, tapi itu masih sangat menghancurkan. Ini adalah sahabatnya. Pada bulan September tahun itu, ayahnya mendengar dia menangis di kamarnya, mengetuk pintu, dan berkata, "Bolehkah saya masuk?" Gadis itu menangis tersedu-sedu. Sang ayah merangkulnya dan berkata, "Ayo. Ceritakanlah padaku."

Anak perempuan itu menangis dan berkata, "Ayah, Allah bisa saja menyelamatkan sahabatku, tetapi Dia tidak melakukannya, dan aku membenci Dia," dan menangis. Sang ayah berkata, "Baiklah, ayah senang kamu menceritakannya kepada ayah. Bagaimanapun juga, Allah tahu apa yang kamu pikirkan. Tidak ada gunanya berpura-pura berpikir sebaliknya. Sebaiknya kamu jujur saja.

Daud tidak benar-benar mengatakan hal itu, tetapi ia hampir saja mengatakan beberapa hal yang cukup kasar tentang Allah ketika segala sesuatunya berjalan buruk baginya. Anda tidak sepenuhnya sendirian dalam hal ini. Namun, sebelum Anda menjadi yakin bahwa Allah memang pantas untuk dibenci, bahwa Allah layak untuk dibenci, saya ingin Anda memikirkan dua hal.

Pertama, apakah Anda benar-benar menginginkan Allah yang akan melakukan apa yang Anda inginkan setiap saat, seperti jin dalam lampu Aladdin? Jin dalam dongeg bisa melakukan apa saja. Sangat menyenangkan! Namun, dia selalu berada di bawah kendali siapa pun yang memegang lampu ajaibnya. Apakah Allah semacam itu yang Anda inginkan?

Atau apakah Allah cukup besar sehingga terkadang Ia melakukan hal-hal yang tidak dimengerti oleh anak berusia 15 atau 45 tahun? Yang lebih penting lagi, saya ingin Anda bertanya pada diri Anda sendiri: Di manakah di dalam Alkitab kasih Allah ditunjukkan dengan sangat kuat? Jika hal itu ditunjukkan di kayu salib, maka yang harus Anda lakukan lagi dan lagi ketika Anda tidak mengerti adalah kembali ke kayu salib. Bukan hanya karena di situlah Anda menemukan pengampunan dosa, tetapi karena di situlah Anda menemukan pernyataan kasih Allah yang paling sempurna. Allah tidak perlu mengutus Anak-Nya.

Anda kehilangan sahabat Anda; Allah kehilangan Anak-Nya. Sebenarnya Dia tidak kehilangan Anak-Nya, Dia memberikan Anak-Nya, bukan dalam sebuah kecelakaan, tetapi dalam sebuah rencana ilahi agar kita dapat diampuni dan diperbaharui dan menjadi anak-anak Allah. Dan ketika segala sesuatu yang lain melemah, di situlah Anda harus menambatkan iman Anda. Saya percaya kepada Allah dan Bapa dari Tuhan kita Yesus Kristus yang telah menderita, mati dan bangkit kembali. Saya percaya kepada Allah itu, Allah yang seperti itu. Apa Anda paham? Saya mengenal keluarga ini dengan baik, sebab gadis itu adalah putri saya.

6. Wawasan dari memikul salib dan mengikut Yesus.

Kita dapat belajar tentang memikul salib dari gereja global yang teraniaya di seluruh dunia. Karena faktanya, banyak penderitaan yang kita bicarakan yang menjadi perhatian kita berkaitan dengan kesulitan ekonomi karena kemerosotan ekonomi. Ini berkaitan dengan kanker. Ini berkaitan dengan kelemahan-kelemahan pada usia tua. Menjadi tua bukan untuk pengecut. Ini berkaitan dengan perceraian. Ini berkaitan dengan kehilangan.

Semua hal tersebut, tentu saja, juga dihadapi pada abad pertama ketika Perjanjian Baru ditulis. Namun, sebagian besar penderitaan yang dibicarakan dalam Perjanjian Baru bukanlah tentang hal-hal tersebut. Sebagian besar penderitaan yang dibicarakan dalam Perjanjian Baru, yang memang menyinggung tentang penyakit, kematian, dan dukacita (ya, memang ada beberapa hal yang dibicarakan), tetapi sebagian besar penderitaan tersebut sebenarnya adalah penganiayaan.

Sebagai contoh, Filipi 1:29, "Sebab demi Kristus kamu telah dikaruniakan bukan hanya untuk percaya kepada-Nya, tetapi juga untuk menderita bagi Dia." Apakah Anda memperhatikannya? Hal itu telah dikaruniakan kepada Anda. Ini adalah hak istimewa Anda! Ini telah diberikan kepada Anda sebagai sebuah karunia, bukan hanya untuk percaya, tetapi juga untuk menderita bagi Dia.

Ketika Yesus dalam Matius 16 di Kaisarea Filipi mulai berbicara tentang kematian-Nya yang akan datang, dan Petrus mengalami kesulitan untuk mencerna hal tersebut, apa yang Yesus katakan selanjutnya adalah, "Dan tahukah kamu? Jika kamu adalah murid-murid-Ku, kamu akan memikul salibmu dan mengikut Aku." Sekarang, ketika kita berbicara tentang "memikul salib", atau "kita semua memiliki salib yang harus kita pikul", kita berbicara tentang beberapa gangguan yang relatif kecil. Misalnya, "Kuku kakiku tumbuh ke dalam." "Yah, kita semua memiliki salib yang harus kita pikul." "Kamu harus bertemu dengan ibu mertuaku." "Kita semua memiliki salib yang harus ditanggung."

Begitulah cara kita berpikir, bukan begitu? Namun, pada abad pertama, tidak ada yang berbicara tentang salib seperti itu. Memikul salib di dunia kuno adalah hal yang mengerikan. Sebenarnya ada pamflet-pamflet instruksi moral yang ditulis di dunia kuno tentang tidak bercanda tentang salib, tentang penyaliban. Anda tidak dapat bercanda tentang penyaliban pada abad pertama, sama seperti Anda tidak dapat bercanda tentang Auschwitz pada masa kini. Itu tidak boleh dilakukan.

Jadi, ketika Anda memikul salib Anda, itu karena Anda telah dihukum untuk disalib, dan Anda memikul kayu salib untuk pergi ke tempat algojo akan mengikat atau memaku Anda pada kayu salib dan mengangkatnya ke atas tiang. Dan di sana Anda akan mati -- ditelanjangi dan terengah-engah sampai akhirnya Anda mati karena syok, sesak napas, kehabisan darah, atau karena kelelahan. Singkatnya, Anda pasti mati.

Dan Yesus berkata, "Jika kamu ingin menjadi murid-Ku, kamu harus memikul salibmu dan mengikut Aku." Bahkan, di satu tempat Ia berkata, "Kamu harus memikul salibmu setiap hari." Karena terikat dengan mengikut Yesus berarti mati untuk kepentingan diri sendiri, dan satu-satunya paralel yang tepat yang dapat dipikirkan oleh Yesus adalah penyaliban.

Sebagian besar dari kita mungkin tidak akan menderita secara fisik karena iman kita. Namun, beberapa bulan yang lalu saya berada di Timur Tengah, dan saya bertemu dengan beberapa orang Kristen yang telah cukup banyak menderita karena iman mereka -- dipenjara, dipukuli, disiksa -- tetapi dipenuhi oleh sukacita Tuhan dan menganggapnya sebagai suatu kehormatan. Bukankah itu yang dikatakan Alkitab? "Telah dikaruniakan bukan hanya untuk percaya kepada-Nya, tetapi juga untuk menderita bagi Dia."

Bukankah Kisah Para Rasul 5:41 adalah ayat yang luar biasa? Saat pertama kali para rasul dipukuli, kita membaca, "Maka bersukacitalah mereka, karena mereka telah dianggap layak untuk menderita karena Nama itu." Tahukah Anda apa yang ada di dalam pikiran mereka? Saya tahu apa yang ada di kepala mereka. Bagaimanapun, hanya beberapa minggu sebelumnya dalam khotbah perpisahan, Yesus telah menjelaskan kepada mereka secara panjang lebar tentang penderitaan, dan bahwa seorang budak tidak lebih tinggi dari tuannya.

"Jika mereka menganiaya Aku, mereka akan menganiaya kamu." Itulah yang dikatakan Yesus pada malam ketika Ia dikhianati. Dia telah mengajarkan semua hal ini kepada mereka. Dan sejak saat itu, Yesus telah mati, bangkit kembali, Roh Kudus telah turun, Pentakosta, khotbah-khotbah, ribuan orang bertobat. Segalanya berjalan dengan lancar.

Kemudian, 5.000 orang. Orang-orang Kristen di mana-mana. Pelajaran Alkitab dari rumah ke rumah, dan di mana penganiayaan? Hal terakhir yang Yesus bicarakan sebelum Ia pergi ke kayu salib adalah bahwa akan ada penganiayaan, dan untuk masuk ke dalam Kristus dan kemuliaan-Nya adalah dengan mengikut Kristus dan, dalam beberapa hal, memikul salib-Nya. Dan yang mereka lihat hanyalah kebangunan rohani dan reformasi dan tidak ada penganiayaan.

Kemudian gelombang penganiayaan pertama datang, dan para rasul berkata, "Terima kasih, Yesus." Mereka bersukacita karena mereka dianggap layak untuk menderita bagi nama-Nya. Akhirnya tiba juga saat yang dikatakan oleh sang Guru. "Terima kasih karena saya dapat mengikuti Guru dalam hal ini juga." Tidakkah itu mengubah perspektif Anda?

Jika kita menderita bersama-Nya, kita akan memerintah bersama-Nya. Saya harus mengatakan kepada Anda, ketika saya berbicara dengan orang-orang Kristen di Dua Pertiga Dunia di mana penganiayaan terjadi, meskipun beberapa di antara mereka berada di bawah tekanan yang luar biasa, dan beberapa di antara mereka berada dalam ketakutan dan yang lainnya, tidak ada satu pun di antara mereka yang meremehkan penganiayaan itu. Namun, ada semacam iman dan sukacita yang stabil di dalam Tuhan yang didasarkan pada kekekalan dan pada hak istimewa untuk mengikut Kristus. Izinkan saya menyimpulkan.

Apa yang tidak saya coba lakukan di sini adalah memberikan semacam pendekatan pembuktian dengan memberikan enam ayat untuk dihafalkan, dan Anda telah menyelesaikan masalah kejahatan. Yang ingin saya tunjukkan adalah Alkitab memberi kita cara-cara berpikir tentang hal-hal ini yang didasarkan pada kebenaran-kebenaran besar, yang didasarkan pada pilar-pilar iman yang besar, yang merupakan bagian dari cara orang Kristen berpikir.

Ketika pilar-pilar ini terkunci bersama, mereka memengaruhi pendirian seseorang sehingga Anda mendapatkan ayat-ayat seperti 2 Korintus 4, "Walaupun tubuh lahiriah kami makin merosot keadaanya, tetapi manusia batiniah kami selalu diperbarui hari demi hari." Istri saya menempelkannya di pintu kulkas dengan huruf besar ketika dia tidak yakin dia akan selamat dari kanker.

Hal kedua yang harus saya katakan adalah bahwa ceramah ini berfokus pada isu-isu intelektual dan pandangan dunia; yaitu cara kita berpikir tentang hal-hal ini, karena itulah yang diminta untuk saya lakukan. Namun saya akan menjadi orang pertama yang bersikeras bahwa ketika orang-orang mengalami krisis yang sebenarnya, sesuatu yang agak berbeda mungkin diperlukan.

Kadang-kadang orang begitu buta terhadap rasa sakit sehingga mereka tidak membutuhkan argumen intelektual. Dalam beberapa jenis krisis, yang mereka butuhkan adalah helikopter untuk membawa air bersih, orang-orang di lapangan untuk memberikan obat-obatan. Kadang-kadang yang dibutuhkan orang ketika mereka berduka karena kehilangan orang yang mereka cintai adalah seseorang yang merangkul mereka dan mengajak anak-anak berjalan-jalan serta membersihkan rumah dan makanan segar. Kadang-kadang mereka membutuhkan konseling dan telinga yang mau mendengarkan sampai waktu berlalu. Kadang-kadang yang mereka butuhkan dalam sebuah krisis adalah polisi untuk menghentikan para penjarah.

Anda paham? Saya juga tidak menyangkal kenyataan-kenyataan itu. Ini bukan hanya masalah intelektual. Namun, saya tetap bersikeras bahwa memikirkan hal-hal ini, meluruskan pilar-pilar ini dalam pikiran kita, adalah tindakan pencegahan; ini adalah landasan stabilitas.

Terakhir, orang-orang Kristen yang mengenal Allah dengan baik biasanya tidak berpikir dalam kerangka teodisi, yaitu mencoba untuk membenarkan cara-cara Allah kepada manusia. Pada umumnya, bukan itu yang mereka lakukan. Sebaliknya, mereka berpikir dalam dua kategori lain, yaitu, mereka cenderung berpikir bahwa yang benar-benar dibutuhkan adalah reformasi atau kebangunan rohani. Izinkan saya memberi Anda sebuah contoh.

Dalam Nehemia pasal 8 dan 9, ketika orang-orang telah kembali dari pembuangan dan mereka menghadapi kesulitan dan tantangan, mereka akhirnya meruntuhkan tembok ini, dan mereka meninjau kembali sejarah mereka sendiri. Alih-alih mencari-cari alasan, "Allah, mengapa Engkau melakukan ini? Mengapa nenek moyang kami dibuang? Mengapa ada begitu banyak penderitaan? Mengapa tidak ada raja dari garis keturunan Daud yang menduduki takhta?"

Bukan itu yang mereka lakukan. Yang mereka lakukan adalah berdoa, "Tuhan, kami melihat sejarah kami, dan kami melihat betapa banyak dosa dan kejahatan dan ketidakpercayaan dan fokus pada diri sendiri dan penyembahan berhala. Kami mohon kepada-Mu, kasihanilah kami dan kirimkanlah pembaruan. Kirimkanlah Roh-Mu. Transformasikanlah kami, dan berikanlah kami kebangunan rohani yang sejati." Saya beritahukan kepada Anda, ketika orang mengenal Allah dengan baik, itulah cara mereka berdoa, bukan dengan kepahitan. Dan akhirnya, ketika orang mengenal Allah dengan baik, mereka juga secara teratur berbicara tentang kebaikan Allah dalam hal-hal ini.

Satu cerita terakhir, dan saya selesai. Saya mengajar di Trinity Evangelical Divinity School dekat Chicago. Beberapa tahun yang lalu ada seorang misionaris yang diutus ke Bolivia; kita sebut saja dia George. Dia pergi ke Bolivia, belajar bahasa dengan baik. Ia adalah seorang pria yang tinggi, kurus, lajang, 6 kaki 4 inci, tetapi ia adalah seorang misionaris yang sangat efektif. Dia belajar bahasa dan budaya dengan baik dan langsung cocok dan menjadi guru Alkitab yang baik.

Dia menjadi sangat terkenal di Bolivia sehingga pada akhirnya misi yang dia layani mengirimnya kembali ke Trinity untuk mengambil gelar PhD sehingga dia dapat kembali ke Bolivia dan membantu dalam pelatihan teologi. Sebelum ia datang, sebenarnya ia bertemu dengan seorang misionaris di sana, dan mereka berdua menikah dan memiliki seorang anak perempuan. Jadi ketika mereka datang ke Trinity, mereka berusia akhir 30-an, dan mereka memiliki seorang anak perempuan berusia 3 tahun.

George memulai studi PhD-nya sebagai persiapan untuk kembali ke Bolivia. Dalam enam bulan pertama masa studinya di Trinity, istrinya didiagnosa menderita kanker payudara stadium IV. Singkat cerita, ia berhasil bertahan, ia keluar dari studinya untuk sementara waktu, ia tampaknya keluar dari sisi lain, ia kembali ke studinya untuk satu tahun lagi, dan ia didiagnosis menderita kanker perut stadium lanjut.

Tak satu pun rumah sakit di wilayah Chicago yang mau melakukan apa pun untuknya. Dia dianggap sebagai kasus terminal, kecuali obat untuk membuatnya tetap hidup di bawah perawatan di rumah sakit. Misi memutuskan untuk mengirimnya ke Mayo Clinic, dan mereka bersedia memberinya beberapa obat eksperimental yang benar-benar digunakan untuk kanker usus besar. Mereka mengangkat 90% dari perutnya, dan memulai perawatan yang ketat ini. Dia sudah kurus; sekarang dia menjadi semakin kurus. Sekarang dia harus makan setiap dua atau tiga jam, sedikit demi sedikit karena perutnya tidak dapat menyimpan apa pun. Dia akan terbangun di tengah malam dan makan sedikit makanan ringan dan kembali tidur. Namun ia berhasil keluar dari masa-masa sulitnya, dan kembali mengerjakan tesis doktoralnya. Dan kemudian kanker istrinya kembali, dan dia meninggal.

Dalam semua itu, orang-orang Kristen di Trinity dan keluarga mereka di gereja membantunya dan putrinya. Terakhir kali saya melihatnya, dia kembali ke gereja kami karena dia telah menyelesaikan gelar PhD-nya, putrinya berusia 9 tahun, hampir 10 tahun sekarang, dan mereka kembali ke Bolivia. Selama setengah jam dia berkhotbah di gereja kami, dan dia tidak henti-hentinya berbicara tentang kebaikan Allah. Saya ingin mengatakan kepada Anda, itu bukanlah hal yang luar biasa. Itu hanyalah kekristenan yang normal. (t/Jing-jing)

Diambil dari:
Nama situs : The Gospel Coalition
Alamat situs : https://www.thegospelcoalition.org/sermon/why-suffering-a-theological-response/
Judul asli artikel : Why Suffering?—A Theological Response
Penulis artikel : Don Carson
Tanggal akses : 9 Januari 2024